MANFAAT KHASIAT MENTIMUN UNTUK KESEHATAN

FOTO Timun Manfaat ketimun Khasiat Mentimun MANFAAT KHASIAT MENTIMUN UNTUK KESEHATAN. Mentimun merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak air. Sayuran yang dalam bahasa latin bernama Cucumis sativus ini sering kita jumpai dalam setiap hidangan, terutama lalapan, salad, atau acar.

Sayuran yang diyakini berasal dari India Utara ini dianggap memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Apalagi, secara keseluruhan sayuran ini kaya akan kandungan air. Selain itu, mentimun juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, kalsium, kalium serta asam folat.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari ketimun :

Melawan kanker
Mentimun mengandung tiga lignan yaitu ariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Menurut para peneliti, lignan dapat mengurangi risiko kanker terutama kanker prostat, usus besar, payudara, ovarium dan kanker rahim.

Merangsang penurunan berat badan
Tak hanya kaya akan kandungan air, mentimun juga rendah kalori dan lemak. Jika Anda sedang on diet, konsumsi mentimun sebagai camilan atau teman makan nasi Anda. Mentimun juga bisa menjadi teman santai selepas olahraga. Sayuran yang juga kaya akan silika ini juga mempromosikan kesehatan sendi dan memperkuat hubungan jaringan tissue dalam tubuh

Merawat kesehatan mulut
Mentimun mengurangi bau mulut dan gigi. Tak hanya itu, mentimun bermanfaat mempromosikan gigi dan gusi yang lebih kuat. Mengunyah irisan mentimun secara rutin juga dapat membunuh bakteri di dalam mulut.

Menjaga tubuh dari dehidrasi
Saat cuaca panas dan terik, Anda cenderung berkeringat lebih banyak dari biasanya. Terutama bagi Anda yang aktif berkegiatan di luar ruangan. Keringat berlebih dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk mengembalikan asupan cairan di tubuh, Anda dapat mengkonsumsi irisan mentimun atau jus mentimun untuk kembali membuat tubuh terhidrasi.

Mengobati diabetes, mengurangi kolesterol dan mengontrol tekanan darah

Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin dan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol di dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Mentimun juga mengandung banyak potasium, magnesium dan serat yang bekerja efektif mengatur tekanan darah. Hal ini membuat mentimun baik untuk merawat tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

Mengeluarkan racun
90 Persen sayuran hijau mengandung banyak air dan membantu membuang racun dan radikal berbahaya lainnya dari tubuh.

Membunuh cacing pita

Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai antiinflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan. Manfaat ketimun kandungan gizi dalam ketimun khasiat timun

Comments