BAGAIMANA CARA MENJAGA GINJAL TETAP SEHAT ALAMI

TIPS GINJAL SEHAT Rajin berolahraga cara menjaga ginjal sehat BAGAIMANA CARA MENJAGA GINJAL TETAP SEHAT ALAMI. Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam sistem metabolik tubuh manusia. Selain menjadi organ penyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah, ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa, konsentrasi elektrolit dan tekanan darah.

Penyakit batu ginjal, infeksi saluran kemih hingga penyakit ginjal kronik (Chronic Kidney Disease/CKD) merupakan beberapa gangguan yang disebabkan oleh berhentinya fungsi ginjal. Berdasarkan penelitian, 10 persen masyarakat di negara maju memiliki risiko menderita batu ginjal dan 50 persen mereka yang menderita, batu ginjal akan timbul kembali di kemudian hari.

Umunya, gejala awal berupa nyeri di perut bagian belakang, pendarahan pada urin, mual atau muntah, kehilangan nafsu makan, hingga mengalami pembengkakan di perut.

Kaum pria cenderung mengalami batu ginjal. Namun wanita pun memiliki kemungkinan mengalami gangguan ginjal, yaitu infeksi saluran kemih yang diawali dengan gejala meningkatnya hasrat untuk buang air kecil hingga pendarahan pada urin.

Penyebab CKD tersering adalah batu saluran kemih, diabetes melitus, glomerulonefritis dan hipertensi. Bila penyakit dasar tersebut tidak dikendalikan dengan baik, maka akan menimbulkan CKD jangka panjang yang mengakibatkan gangguan kardiovaskular yaitu penyakit jantung, stroke serta penyakit pembuluh darah perifer.

Berikut cara menjaga kesehatan ginjal:

1. Rutin berolahraga

2. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

3. Menjaga tekanan darah dalam batas normal

4. Mengkonsumsi makanan sehat

5. Menjaga berat badan

6. Mengkonsumsi cukup air putih

7. Tidak merokok

8. Tidak mengkonsumsi obat sembarangan

9. Memeriksa fungsi ginjal segera apabila memiliki salah satu atau lebih faktor risiko.

Lebih baik mencegah sebelum terlambat. Tips cara menjaga kesehatan ginjal gejala sakit ginjal dampak akibat terkena penyakit ginjal

Comments