TIPS CARA MENCEGAH SEMBELIT ANAK DAN BALITA Mengatasi Susah Buang Air Besar BAB

TIPS CARA MENCEGAH SEMBELIT PADA ANAK Mengatasi Susah Buang Air Besar BAB
Cara Mengatasi Sembelit Anak dan Balita
TIPS CARA MENCEGAH SEMBELIT PADA ANAK Mengatasi Susah Buang Air Besar BAB. Sembelit atau sulit BAB yang dialami anak umumnya karena kebutuhan seratnya yang belum terpenuhi. Hal ini bisa membuat si kecil rewel dan tidak suka makan. Tentu saja hal ini membuat ia sangat tidak nyaman. Sebaiknya lakukan beberapa hal sederhana untuk mencegah dan mengatasi sembelit yang dialami.Lihat Tips Cara Mengatasi Alergi Pada MMata.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan berikut ini tips cara mencegah sembelit pada anak:

1. Tingkatkan asupan buah

Buah yang kaya air dan serat seperti pepaya dan pir bisa membantu menggerakkan saluran pencernaan yang mampet. Agar lebih mudah disantap bis dipotong kecil, dicincang atau untuk campuran snack nya.

2. Beri lebih banyak cairan

Sulit tentunya untuk membiasakan anak untuk minum air putih. Cairan sangat penting untuk pencernaan. Air putih bisa diberikan sesudah makan atau sebagai selingan. Jika anak kurang menyukai air putih, bisa berupa jus buah atau sup sehingga jumlah cairan yang diperlukan terpenuhi.

3. Makanan pencegah sembelit

Susu atau olahan susu seperti yogurt, maupun keju, dipercaya mampu untuk mengurangi sembelit pada anak. Selain itu berikan juga kudapan manis seperti cookies dan pisang. Makanan ini akan membantu usus bergerak secara teratur.

4. Tambahkan konsumsi prebiotik

Tidak perlu khawatir ketika harus memberikan makanan fermentasi pada anak. Karena ternyata makanan dan minuman yang difermentasikan adalah sumber probiotik yang dibutuhkan anak. Usus dipenuhi dengan lebih dari 500 bakteri baik tetap sehat dan mampu mengkonsumsi segala jenis makanan. Karena berikan yogurt yang cair atau padat, bisa dengan tambahan potongan buah segar.

5. Garam mandi

Mandi juga dapat mengurangi sembelit. Biarkan anak berendam dalam bak mandi dengan air hangat hingga menutupi sebagian perutnya. Jangan lupa tambahkan kurang lebih setengah cangkir garam mandi, yang mengandung magnesium dan sulfat. Garam yang terserap oleh kulit dan dapat membantu mengurangi sembelit. Hal ini dapat membuat tubuhnya rileks. Lakukan sedikit pijatan selama mereka berendam. Tips cara mengatasi sembelit pada anak daftar makanan pencegah sembelit mudah BAB buang air besar

Comments