OBAT BATUK HERBAL TRADISIONAL ALAMI Tips Cara Ampuh Menyembuhkan Batuk Kering, Batuk Berdahak Secara Tradisonal

OBAT BATUK HERBAL TRADISIONAL ALAMI Tips Cara Ampuh Menyembuhkan Batuk Kering, Batuk Berdahak Secara Tradisonal. Setiap manusia pernah mengalami batuk. Batuk memang sejatinya merupakan proses alamiah yang dialami oleh setiap orang. Batuk itu ialah bentuk pertahanan tubuh. Penyebab batuk sangat beragam dan sangat terkait erat dengan sistem pernapasan. Keunggulan Obat Herbal

OBAT BATUK HERBAL TRADISIONAL ALAMI' title=

Batuk juga memiliki derajat keparahannya sendiri, mulai dari batuk ringan, sedang sampai batuk berat yang kerap kali dibarengi dengan keluarnya darah.

Batuk tidak sederhana sebagaimana yang disangka banyak orang. Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang terserang batuk baik berjangka pendek sampai berkepanjangan yang kalau tak segera dibereskan akan bertambah parah dan sangat mengganggu aktifitas, yakni sebagai berikut:
  • Terjadinya tetesan di belakang hidung
    Produksi dahak secara berlebihan bisa terjadi pada beberapa alergi dan sinusitis (lapisan mukus yang meradang di dalam sinus). Mukus yang menetes dari belakang hidung ke tenggorokan akan mengakibatkan iritasi dan biasanya bisa mendatangkan batuk.
  • Pilek dan influenza
    Terserang pilek dan influenza juga merupakan penyebab yang paling umum terjadinya batuk.
  • Asma
    Penyakit batuk yang masih baru bisa disebabkan oleh asma ringan (terjadinya peradangan atau penyempitan pada saluran nafas). Makanya, bagi Anda atau keluarga yang ingin terhindar dari serangan asma, berusahalah semaksimal mungkin menghindarkan diri dari iritan yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, termasuk batuk.
  • Lingkungan
    Kondisi lingkungan seperti asap, debu, asap rokok, udara yang dingin sampai semprotan aerosol bisa menjadi penyebab batuk.
  • Obat-obatan
    Mungkin Anda belum tahu bahwa batuk bisa jadi adalah efek samping dari obat-obatan yang dihirup misalnya kortikostreoid. Batuk juga bisa terjadi karena pemakaian betablocker dan penghambat angiotensin converting enzyme (ACE) yang biasanya diresepkan untuk penyakit jantung.
  • Gastroesophagael reflux
    Keadaan batuk yang semakin buruk ketika Anda berbaring bisa disebabkan oleh mengalirnya asam lambung ke dalam esophagus. Gatroeshopagael reflux juga bisa menjadikan batuk akibat asma semakin parah.
Dalam batuk ada yang disebut dengan batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian Anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar Anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya. Batuk berdahak ternyata tak hanya bisa diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik namun bisa juga diobati dengan bahan-bahan tradisional.

Sebelum menjelaskan mengenai bahan-bahan alami apa saja yang sangat mujarab untuk mengobati batuk berdahak, ada beberapa tips yang mesti dilakukan ketika Anda sedang mengalami batuk berdahak antara lain sebagai berikut:
  • Menjauhi tempat yang mengandung debu dan juga tempat yang dingin. Kedua hal tersebut dikenal sebagai penyebab batuk.
  • Jaga tubuh Anda supaya tetap hangat, bisa dengan mengunakan selimut atau jaket.
  • Kalau mandi jangan lupa untuk menggunakan air hangat.
  • Menghentikan kebiasaan buruk yang bisa memperparah sakit batuk berdahak Anda seperti merokok atau minum alkohol.
  • Mengalokasikan waktu untuk beristirahat secara teratur dan jangan terlalu berlebihan menggunakan tenaga untuk bekerja.
  • Memperbanyak minum air putih kurang lebih antara 7-8 gelas per harinya. Minum air putih bisa membantu mengencerkan dahak.
Sebenarnya banyak obat yang sudah ditawarkan di apotek namun cara ini bisa menjadi solusi sehat menggunakan bahan alami, bebas kimia.

A. Obat Tradisional batuk secara keseluruhan
  • Asam Jawa dengan Gula Merah
    1. Bahan-bahan yang harus anda persiakan: Asam jawa sebanyak 10 gram (ambil daging asamnya), gula merah seperlunya saja, serta air panas  dengan takaran satu gelas air panas.
    2. Cara pengaplikasian gula merah dan asam jawa: seduhlah asam jawa menggunakan air panas yang sudah anda siapkan, lalu masukan juga gula merah secukupnya. Minum air ramuan ini sehari 2 kali, dan minumlah selagi air masih hangat.
  • Madu dan Jabe Jawa
    1. Bahan yang harus anda siapkan: madu murni secukupnya saja, serta cabe jawa (cabe jawa kriting sebanyak  6 gram) 
    2. Cara pengaplikasinannya: tumbuk sampai halus cabe jawa kering yang sudah anda siapkan, lalu minumlah cabe ini dengan satu sendok madu murni dengan takaran satu hari sekali saja. Kerjakan cara pengobatan ini sampai batuk sembuh.
  • Ramuan dengan Jeruk Nipis  dan kapur sirih
    1. Bahan bahannya: jeruk nipis yang masih segar satu butir buah, gula batu seperlunya, sepucuk jari kapur sirih.
    2. Cara membuat ramuannya:  belahlah menjadi 2 jeruk nipis segar. Untuk bagian yang terbelah olesi dengan kapur sirih, diamkan sebentar buah jeruk. Langkah selanjutnya bakar bagian kulit luar jeruk nipis samapi mengeluarkan buih. Peras jeruk nipis tambahkan sedikit gula batu aduk hingga rata. Minumlah air perasan ini.
  • Daun minyak Kayu Putih
    Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan ketika sedang masuk angin, anda dapat memanfaatkan daun minyak kayu putih untuk obat batuk berdahak anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
    1. Siapkan sebanyak 10gram daun kayu putih
    2. rebuslah dengan air bersih 3 gelas, rebus hingga air hanya tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan ini selagi masih hangat.
B. Cara Mengobati Batuk Kering
  • Rempah Jahe Merah
    Caranya pemanfaatan jahe merah untuk obat batuk kering cukup mudah, yaitu hanya mengupas jahe merah, kemudian kunyah jahe, sesap airnya saja, untuk ampas dapat anda buang.
C. Cara Mengobati secara tradisonal Batuk Berdahak

  • Bahan-Bahan yang harus anda persiapkan terlebih dahulu: Air perasan jahe sebanyak 2 sdm (sendok makan), Air perasan kunyit 2 sdm (sendok makan) juga,  sebuah jeruk nipis (peras dan ambil airnya) , satu sendok makan madu yang masih murni.
  • Cara pengaplikasinnya: campurkan kesemua bahan, antara jahe, madu murni, air perasan kunyit dan air jeruk nipis menjadi satu, aduk hingga bahan tercampur rata. Gunakan ramuan ini untuk mengobati batuk berdahak anda rutin sampai batuk anda sembuh.

Comments