PREDIKSI PUNCAK ARUS MUDIK LEBARAN 2013 TERBARU Arus Mudik Darat dan Laut

PREDIKSI PUNCAK ARUS MUDIK LEBARAN 2013 TERBARU Arus Mudik Darat dan Laut. General Manager PT ASDP Cabang Merak Supriyanto memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak jatuh pada H-5 atau Sabtu, 3 Agustus 2013. Lihat juga album religi Maher Zain terbaru dan daftar makanan membentuk badan berotot sixpack.

"Dengan pertimbangan tanggal 5, 6 dan 7 Agustus adalah cuti bersama. Orang-orang setelah selesai kerja biasanya langsung pergi," ujarnya dalam pemaparan kesiapan pengamanan Lebaran di kantor ASDP.

Puncak kepadatan pemudik diperkirakan terjadi pada pukul 21.00 WIB. Hal itu disebabkan penumpang ingin tiba di Pelabuhan Bakauheni saat pagi hari. Supriyanto mengatakan pihaknya akan memprioritaskan pemudik sepeda motor ketimbang kendaraan roda empat karena jumlahnya yang lebih banyak.

Ia menambahkan, Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) memiliki personel pendukung untuk pengamanan pelabuhan sebanyak 975 orang. Personel itu merupakan personel gabungan dari ASDP, pengusaha angkutan, aparat keamanan, Basarnas, Jasa Raharja, kebersihan, BMKG, Telkom dan PLN.

PT ASDP memperkirakan, 28 kapal roll on roll off atau roro untuk menampung sekitar 145.080 penumpang. ASDP juga menambah loket bagi kendaraan.

Motor yang di hari biasa melewati dua gerbang, kini ditambah menjadi 10 loket. Loket penumpang disediakan menjadi 11 gerbang, enam loket reguler, satu loket kereta, dua loket cadangan dan dua loket tambahan. Kendaraan diperkirakan naik sebesar enam persen.

"CCTV kami tambah dari 30 menjadi 55 unit sehingga semua titik rawan bisa terpantau melalui monitor," kata Supriyanto. Rencananya, ada tambahan empat unit kapal untuk menampung jumlah penumpang yang membludak. Dua kapal dari ASDP, satu dari Prima Eks dan PT SMS. Ramalan puncak arus lebaran mudik 2013 pulang kampung naik kapal laut kereta api jalur darat.

Comments