MINUMAN BUKA PUASA SEHAT MENURUT SARAN DOKTER Berbuka Sehat Ala Dokter

MINUMAN BUKA PUASA SEHAT MENURUT SARAN DOKTER Berbuka Sehat Ala Dokter. Untuk berbuka puasa, minuman yang paling sering disajikan adalah minuman manis dan dingin. Ini dilakukan untuk menaikkan kembali gula darah setelah selama sehari penuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Nah, apa sajakah contoh minuman terbaik untuk berbuka puasa menurut para dokter? Lihat kumpulan menu buka puasa yang sederhana dan simple.
FOTO MINUMAN SEHAT BUKA PUASA
"Saat berbuka puasa sebaiknya memang dengan minuman manis, seperti teh manis. Namun masih banyak orang yang membuatnya terlalu manis agar bisa mencukupi kebutuhan gula darah yang rendah. Padahal kalau berlebihan juga tidak baik," papar dr Phaidon L Toruan, seorang praktisi kesehatan.

Dengan puasa, gula darah dipastikan akan menurun. Akibatnya Anda akan merasa pusing, berkeringat dingin, dan lemas. Oleh karena itu, untuk mengatasinya saat berbuka Anda perlu memakan makanan manis untuk meningkatkan Indeks Glikemik (IG) di dalam tubuh.

IG merupakan ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Namun meskipun dikatakan tubuh perlu makanan dan minuman manis saat berbuka, bukan berarti akan menjadi sehat jika terus mengonsumsi makanan atau minuman manis tersebut.

Contoh minuman yang baik untuk berbuka dan sudah sering disajikan adalah teh manis. Teh manis perlu dibuat dengan komposisi yang tepat agar manisnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Menurut dr Phaidon, sebaiknya setiap 200 cc air hangat, maksimal menggunakan 1 sendok makan gula pasir. Jika gula pasirnya lebih dari jumlah ini, maka IG-nya pun akan menjadi berlebihan.

"Kalau IG-nya berlebihan, nanti yang ada tubuh jadi kaget karena gula darahnya tiba-tiba melonjak tinggi. Tubuh bukannya jadi sehat dan bugar setelah berbuka, tapi justru semakin lemas," terang dr Phaidon.

Selain itu, menurut Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK, spesialis gizi, jika memungkinkan sebaiknya pilihlah air kelapa murni untuk berbuka puasa. Air kelapa murni mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh setelah seharian tidak mendapat cukup asupan cairan.

"Air kelapa yang diminum juga sebaiknya tidak perlu ditambahkan gula pasir, lebih baik yang alami. Jika memang ingin cita rasa yang lebih manis, ada baiknya menggunakan madu atau gula aren sebagai pengganti gula pasir," terang Dr Tirta. Tips sehat buka puasa minuman yang baik dan sehat untuk berbuka.

Comments